Pemerintah Akan Kembali Naikkan TDL Bulan Juli Nanti

5643

Netizen7.ID – Pemerintah berenana kembali menaikkan tarif listrik untuk golongan 900 Volt Ampere (VA) pada bulan Juli 2017 mendatang. Kenaikan ini akan berdampak pada 20 juta rumah tangga di Indonesia yang menggunakan golongan tersebut. Namun, kebijakan ini tidak berlaku untuk semua pengguna listrik 900 VA. Sebab, sekitar empat juta golongan pengguna 900 VA lainnya tetap akan mendapatkan subsidi.

Kepala Divisi Niaga, Perusahaan Listrik Negara, Benny Marbun menjelaskan bahwa harga terbaru ini disesuaikan dengan harga minyak bumi, inflasi, dan nilai tukar dollar kepada rupiah.

Seperti yang diketahui bahwa kenaikan tarif listrik sebenarnya sudah dimulai secara bertahap pada bulan sejak Januari 2017. Dari yang awalnya Rp 605 per Kw menjadi Rp 791 per kWh. Kemudian pada bulan Maret tarifnya naik lagi menjadi Rp 1034 per kWh.

Tarifnya kembali melonjak pada bulan Mei menjadi Rp 1352 per kWh. Kemudian pada bulan Juli direncanakan akan meningkat lagi. Besaran kenaikannya akan menyesuaikan dengan harga minyak dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Tak ayal, wacara kenaikan tarif listrik ini pun menuai kritik dari masyarakat.

Kenaikan tarif listrik ini tentu saja membuat rakyat kecil terutama para buruh bersuara. Mereka menilai kebijakan ini akan membuat nasib mereka semakin merana. Sebab, kenaikan tarif listrik golongan 900 VA ini tak dibarengi peningkatan upah mereka.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal menyayangkan tarif listrik yang naik, namun pendapatan tidak ikut naik. Bahkan, daya beli masyarakat cenderung turun gara-gara kebijakan ini. Said juga merasa perlahan-lahan hak rakyat terkikis. Naiknya tarif listrik ini juga menjadi kado pahit bagi para pekerja.

Sebab kenaikannya dilakukan pada 1 Mei 2017 atau bertepatan dengan peringatan Hari Buruh. Menurutnya, listrik 900 VA yang bersubsidi adalah salah satu komponen kebutuhan hidup layak. Jika subsidi dicabut maka hidup layak hanyalah mimpi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menegaskan bahwa kebijakan menaikan tarif listrik secara perlahan adalah demi masyarakat itu sendiri. Pemerintah selalu berupaya mengambil kebijakan yang tepat agar rakyat tidak merasakan dampaknya secara langsung. Karena itulah Jonan memastikan tarif listrik bagi 12 golongan akan tetap naik pada bulan Juli 2017 nanti.

Bagikan