Pesawat Polri Hilang Kontak di Perairan Kepri

500

Netizen7.ID – Pesawat milik Polisi Udara Baharkam Polri tipe M28 Skytruck hilang kontak di perairan Lingga, Kepulauan Riau. Pesawat tersebut mengangkut belasan personel polisi. “Dari manifesnya ada 15 orang. Ada perwira ada brigadir,” kata Kabid Humas Polda Kepri AKBP Erlangga, Sabtu (3/12/2016).

Pesawate M28 buatan Polandia jatuh di Perairan Lingga Kepri dalam penerbangan rute Pangkalpinang (Bangka Belitung) menuju Batam (Kepulauan Riau). Pesawat ini take off pukul 09.24 WIB. Informasi yang diterima, Sabtu (3/12/2016), pesawat tersebut take off pukul 09.24 WIB dan est landing pukul 10.58 WIB.

Pesawat terbang dari Pangkal Pinang pada pukul 09.24 WIB menuju Batam dan diperkirakan tiba pada 10.58 WIB. Namun pada pukul 11.10 WIB, radar dari Bandara Tanjung Pinang tidak mendeteksi keberadaan kapal. “Pesawat membawa personel aplusan, termasuk kru heli yang ada di Batam,” kata Erlangga.

Saat ini tim gabungan dari Polri, TNI, SAR, dan masyarakat tengah menyisir titik hilangnya pesawat di perairan Lingga, Kepri. “Hilang di Perairan Lingga,” kata AKBP Erlangga.

Kepala Polda Kepulauan Riau Brigjen (Pol) Sam Budigusdian membenarkan adanya pesawat milik Polri yang hilang kontak. Pesawat jenis Sky Truck tersebut dilaporkan hilang kontak antara perairan Batam dan Kepulauan Bangka Belitung. “Iya benar, saya sudah laporkan kepada Kabarharkam dan Ditpolair,” ujar Sam Budigusdian saat dihubungi, Sabtu.

kapolda-kepri

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang, Deden Ridwansyah, juga membenarkan hal tersebut. Menurut dia, upaya pencarian telah dilakukan, menyusul adanya informasi penemuan potongan badan pesawat di Laut Senayang.

“Yang kami tahu itu bukan pesawat sipil,” kata dia. (Baca: Pesawat Sky Truck Milik Polri Dilaporkan Hilang Kontak) Kepala Badan Pertahanan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri dilaporkan telah mengeluarkan instruksi langsung kepada jajaran kepolisian untuk menentukan titik pasti pesawat hilang kontak.

Edaran berantai melalui akun WhatsApp ditujukan kepada Kapolsek, Kanit Intel, dan Bhabinkamtibmas untuk menelusuri kondisi wilayah masing-masing. Pesawat hilang kontak itu disebut bernomor registrasi P4201 warna biru. Anggota Posal Tajur Biru dan Posmat Benan dilaporkan telah bergerak melakukan upaya pencarian.

Bagikan