Ketua KPU dan Bawaslu DKI Terima Honor Saat Hadiri Acara Timses Ahok

2614

Netizen7.ID – KPU-Bawaslu DKI, bercerita soal kehadiran mereka di acara yang diselenggarakan tim cagub-cawagub DKI, Basuki T Purnama-Djarot Saiful Hidayat, pada 9 Maret lalu. Mereka mengaku menerima honor usai menjadi narasumber di pertemuan tersebut.

“Memang kami menerima honor kemudian kami langsung serahkan kepada driver. Kebetulan dia (driver) ada perlu kemudian katanya juga untuk perbaikan,” ujar Ketua KPU DKI, Sumarno dalam sidang DKPP di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Sumarno menjawab pertanyaan itu saat ditanya oleh anggota DKPP, Endang Wihdatiningtas perihal pertemuannya dengan tim Ahok-Djarot. Anggota DKPP lainnya, Saut Hamonangan Sirait, juga bertanya kepada ketua Bawaslu DKI, Mimah Susanti.

“Apakah saat pertemuan itu menerima honor?” tanya Saut. Mimah pun mengiyakan. Dirinya menyebut diberi honor sebesar Rp 2-3 juta. Saut kembali bertanya.

“Sudah lapor ke KPK?” cecar Saut. “Sudah dipotong pajak, Pak,” jawab Mimah.

Ketua DKPP, Jimly Asshiddiqie, yang juga memimpin rapat, menyebut penerimaan honor usai menjadi narasumber tak bisa disalahkan karena belum ada aturan yang jelas. Namun, dia berkata hal tersebut harus dievaluasi.

“Ini sepele tapi bisa jadi besar. Sekarang belum dilarang. Ke depan boleh dievaluasi. Tugas penyelenggara pemilu melayani, masa terima honor. Yang merasa kepantasannya tinggi, masa nerima, gitu loh,” katanya.

Bagikan