Dianggap Berpihak ke Ahok-Djarot, Ketua KPU & Ketua Bawaslu DKI Disidang DKPP

2526

Netizen7.ID – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) hari ini bakal menggelar sidang atas pelanggaran kode etik dengan memanggil ketua KPU DKI, Sumarno dan juga Ketua Bawaslu DKI, Mimah Susanti.

Dari informasi yang dihimpun, sidang akan digelar di gedung Nusantara IV DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/3/2017) pada pukul 09.30 WIB. Pada pukul 09.15 WIB, Sumarno tampak sudah hadir di lokasi.

Sidang pelanggaran kode etik ini beragendakan meminta keterangan dari Ketua KPU-DKI dan Ketua Bawaslu-DKi karena dianggap tak menjalankan tugas masing-masing dengan sebaik-baiknya dalam pelaksanaa Pilkada DKI 2017. Selain Sumarno dan Mimah, anggota KPU DKI lainnya, Dahlia Umar, juga akan dimintai keterangan.

Sumarno dan Mimah dilaporkan oleh pelapor, yaitu Adhel Setiawan beserta rekan, Daya Perwira Dalimi beserta rekan, dan Munathsir Mustaman. Para pelapor menganggap Sumarno dan Mimah mempunyai dua kesalahan.

Yang pertama, Sumarno dan Mimah dianggap tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada DKI 2017. Yang kedua, Sumarno dan Mimah dianggap partisan dengan melakukan pertemuan bersama Ahok-Djarot di salah satu hotel di Jakarta.

Di sidang nanti, juga akan dipanggil pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan laporan tersebut. Pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan paslon nomor urut 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno rencananya juga akan dipanggil.