Komisi IX DPR Minta Pemerintah Evaluasi Kebijakan Bebas Visa

193

Netizen7.ID – Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah segera mengevaluasi dan menghentikan kebijakan bebas visa bagi warga negara asing yang ingin masuk ke Indonesia karena akhir-akhir ini sudah menimbulkan keresahan bagi sebagian masyarakat.

“Apalagi, hari-hari belakangan ini semakin banyak tenaga kerja asing yang menyalahgunakan visa untuk bekerja di Indonesia,” kata Saleh melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat.

Politisi Partai Amanat Nasional ini mengatakan, tenaga kerja asing yang mudah masuk ke Indonesia dikarenakan adanya kebijakan bebas visa yang akhir-akhir ini membuat resah kelompok pekerja. Selain itu arus keluar masuk warga negara asing juga perlu diperketat.

Menurut Saleh, fakta adanya tenaga kerja asing ilegal yang masuk ke Indonesia tidak bisa dibantah. Sebab, Kementerian Ketenagakerjaan, Imigrasi dan Kepolisian telah banyak melakukan penangkapan beberapa bulan belakangan ini.

bebas visa

Ada beberapa alasan mengapa kebijakan bebas visa itu dicabut. Salah satunya adalah tujuan penerapan bebas visa untuk menaikkan kunjungan wisatawan mancanegara terbukti tidak berhasil.

Data resmi yang dimiliki Dirjen Keimigrasian menunjukkan bahwa kunjungan orang asing ke Indonesia pada 2016 menurun bila dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2015, jumlah kunjungan warga negara asing tercatat 8.526.490 orang, sedangkan pada 2016 menurun menjadi 8.278.819 orang.

“Kebijakan bebas visa juga menghilangkan potensi penghasilan negara bukan pajak Rp1,3 triliun. Dengan kebijakan tersebut, penerimaan negara dari biaya penerbitan visa reguler dan on arrival menjadi hilang,” Tutup Saleh saat ditemui di gedung DPR.

Bagikan