Duka Dunia Sepak Bola, Pesawat Pengangkut Club Chapecoense Jatuh

921

Netizen7.ID – Tragedi mengerikan baru saja menimpa sepakbola Amerika Latin. Pesawat yang ditumpangi pemain dari klub asal Brasil, Chapecoense, jatuh di kawasan Cerro Gordo, Kolombia. Pesawat yang ditumpangi tim Chapecoense berniat mendarat di Bandara Internasional Jose Maria Cordova, Rionegro. Awalnya, Chapecoense ingin melakoni duel melawan Atletico Nacional. Tragis, pesawat kehabisan bahan bakar dan jatuh ke pegunungan luar kota Medellin, Kolombia. Laporan menyebutkan, pesawat hancur lebur dan hanya tiga orang selamat. Dua di antaranya merupakan pemain dari Chapecoense.

Akibat peristiwa ini, Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan, CONMEBOL, menghentikan sejenak aktivitas dan kegiatan sepakbola mereka, termasuk final Copa Sudamericana. “CONMEBOL Berduka atas kejadian yang menimpa Chapecoense. Konfederasi memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan hingga ada arahan lebih lanjut. Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez, sedang dalam perjalanan ke Medellin,” begitu pernyataan resmi CONMEBOL, seperti dikutip Soccerway.

chapecoense-1

Sebanyak 50 jenazah kembali ditemukan di sekitar lokasi jatuhnya pesawat. Sebelumnya, petugas telah mengevakuasi 25 jenazah dari lokasi. Sementara korban selamat yang sebelumnya dikabarkan berjumlah 10 orang, diklarifikasi menjadi enam orang. Namun salah satu dari korban selamat meninggal dunia saat mendapatkan perawatan. Dengan demikian, total korban tewas saat ini berjumlah 76 orang. Sedangkan lima korban selamat saat ini masih mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Dari lima korban selamat, tiga diantaranya merupakan pemain Atletico Chapecoense. Ketiga pemain yang ditemukan selamat yaitu Alan Ruschel (bek), Danilo (kiper) dan Jakson Follmann (kiper).

“Enam orang ditemukan selamat, namun satu diantaranya meninggal dunia. Sementara penumpang lainnya tewas,” kata Jose Gerardo Acevedo, komandan kepolisian setempat. “Total korban tewas dari kecelakaan tragis ini adalah 76 orang,” tegasnya. Menurut hasil penyelidikan sementara, pesawat dengan nomor penerbangan 2933 terakhir kali terlihat radar berada di ketinggian 15 ribu. Namun ketika berjarak 30 kilo meter dari lokasi pendaratan, pesawat tersebut luluh lantak di ketinggian 7000 kaki.

chapecoense-2

Pesawat yang jatuh diidentifikasi berjenis Avro RJ85. Pesawat buatan sebuah perusahaan yang bermarkas di Inggris. Seperti diketahui, pada Senin (28/11/2016) malam waktu Kolombia, pesawat yang mengangkut 72 penumpang dan sembilan kru jatuh di wilayah Kolombia Tengah. Pesawat tersebut membawa pemain dan staf klub asal Brasil, Chapecoense dan juga 21 orang jurnalis. Pesawat bertolak dari bandara Santa Cruz de la Sierra, Bolivia. Menurut jadwal, pesawat nahas itu mendarat di bandara Medellin, Kolombia, pada Senin malam.

Chapecoense sendiri bertolak menuju Kolombia guna menghadapi Atletico Nacional di leg pertama babak final Sudamericana.

Bagikan