Menurut Kapolri, Bom Tangsel Merupakan Lanjutan dari Bom Panci Bekasi

46

Netizen7.ID – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, penggerebekan sebuah kontrakan di Setu, Tangerang Selatan, disertai ditemukannya bom dan ditangkapnya terduga teroris, merupakan pengembangan dari tersangka seorang wanita berinsial D yang akan melakukan serangan di Jakarta beberapa waktu lalu dengan bom panci bekasi.

“Dari pengembangan itu diketahui ada satu sel lagi yang akan melakukan serangan di Jakarta. Kemudian dilakukan penangkapan satu orang dan satu orang ini mengatakan bahwa di kontrakan ada tiga orang dan ada bom-nya juga”, kata Kapolri Jend Pol Tito Karnavian usai memberikan ceramah di Kampus Untirta Serang Banten.

Menurut Kapolri, pada saat dilakukan penangkapan atau penggeledahan sekitar pukul 10.00 WIB di daerah Setu Tangsel, terjadi perlawanan terhadap petugas oleh para tersangka dengan akan mengaktifkan bom. Kemudian petugas tidak mau mengambil resiko dan dilakukan tembakan.

“Ingat prinsip proporsional. Proporsional itu, petugas dapat melakukan tindakan yang mematikan kalau seandainya, dia juga mendapatkan ancaman yang mematikan, karena petugas mendapatkan ancaman dengan ancaman bom, maka otomatis petugas melakukan penembakan dan kemudian tiga orang meninggal dunia”, terang Kapolri Tito Karnavian.

“Informasi yang didapatkan ada lima bom aktif yang sudah siap tetapi sudah dijinakan oleh petugas dari Jibom. Bom tersebut rencananya akan diledakan di pos polisi di daerah Tangsel. Modusnya mirip dengan yang terjadi di Tangsel beberapa waktu yang lalu.

Kapolri menyebutkan tersangka teroris yang ditangkap yang masih hidup berinisial AD. Kemudian yang meninggal OM, IR dan HL. Sebelumnya Densus 88 melakukan penggerebekan rumah terduga teroris Rabu, 21 Desember 2016 sekitar pukul 09.00 WIB di sebuah kontrakan yang beralamat di RT 002/RW 01 desa Babakan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

Dalam proses penggerebekan ini diamankan satu orang terduga Pelaku Tindak Pidana Terorisme dan tiga pelaku lainnya tewas di tempat.

Bagikan