150 WN Cina Diburu Pihak Imigrasi Setelah Overstay & Menghilang

5112

Netizen7.ID – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang akrab di sapa Gus Ipul menyebut ada setidaknya 150 warga negara cina di Jawa Timur yang diduga over stay. Gus Ipul menyebutkan bahwa 150 warna cina itu dicari karena diduga melanggar izin karena masa berlaku visa liburan yang sudah hangus sejak masa berlaku visa yaitu 30 hari.

Menurut data dari keimigrasian, ada sekitar 150 sampai 200 orang warga negara cina masuk ke Surabaya menggunakan visa kunjungan wisata. Gus Ipul menyebut tim pengawasan orang asing (Tim PORA) Jawa Timur terus menyelidiki dimana keberadaan warga negara cina yang yang masuk ke Jawa Timur melalui Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo.

Gus Ipul mendapatkan informasi menghilangnya 150 warga negara cina saat dua minggu lalu mengadakan rapat dengan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur. Dari rapat tersebut, didapat informasi bahwa sekitar 150-200 orang warga negara China yang masuk melalui Bandara Internasional Juanda, 150 diantaranya menghilang setelah masa berlaku visa mereka habis.

“Jumlah yang terhitung sebanyak 150-200 orang warna cina yang masuk itu yang melewati bandara Juanda. Belum terhitung untuk yang masuk ke Surabaya melalui kereta api dari Jakarta belum diketahui berapa jumlah warga negara cina yang masuk.

Menurut Gus Ipul, tren pelanggaran keimigrasian warga negara asing cina pada tahun ini mengalami signifikan dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencapai sekitar 15-20 orang. Mereka sudah dideportasi dan 2 di antaranya berurusan dengan hukum. Sedangkan tahun ini yang diduga melanggar keimigrasian sekitar 150-200 orang.

Bagikan